PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) merupakan model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang dikembangkan oleh Huinker dan Laughlin pada tahun 1996. Model Pembelajaran ini pada dasarnya dibangun melalui berpikir, berbicara, dan menulis. Dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir atau berdialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca (think). Selanjutnya, berbicara dan membagi ide (talk) dengan temannya sebelum menulis yang dapat melatih kemampuan dalam berpikir dan berbicara para siswa pada saat kegiatan pembelajaran (write).
KARAKTERISTIK MODEL THINK TALK WRITE
1.Menekankan pada proses kognitif siswa dalam memahami materi.
2.Mengintegrasikan keterampilan berpikir, berbicara, dan menulis.
3.Mendorong siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuan melalui diskusi kelompok.
4.Membiasakan siswa berpikir secara sistematis sebelum menuangkannya dalam bentuk tulisan.
5.Memperkuat pemahaman melalui ekspresi lisan dan tulisan
0 Komentar